PEMERINTAH KABUPATEN
KARANGANYAR
DINAS PENDIDIKAN, PEMUDA DAN OLAHRAGA
SMP
NEGERI 2 NGARGOYOSO
Alamat : Jl. Dukuh – Ngargoyoso, Karanganyar * 57793 ( (0271) 7086374


PROGRAM KERJA
URUSAN KESISWAAN
SMP NEGERI 2 NGARGOYOSO
KABUPATEN KARANGANYAR
KATA PENGANTAR
Puji syukur alhamdulillah Kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya sehingga Program Kerja Urusan Kesiswaan Tahun ajaran / dapat terselesaikan dengan lancar dalam rangka untuk memenuhi tugas-tugas yang dibebankan kepada Urusan Kesiswaan.
Pembinaan Kesiswaan merupakan salah satu usaha agar siswa dapat
tumbuh dan berkembang sesuai dengan tujuan pendidikan nasional berdasarkan
Pancasila dan UUD 1945 beserta amandemennya.
Pembinaan akan berhasil apabila diimbangi dengan kerja keras Guru
dalam menekuni bidang pekerjaannya dan mampu mengembangkan sikap
profesionalnya, sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan mutu pendidikan.
Penulis menyadari bahwa dalam Program Kerja Urusan Kesiswaan ini
masih banyak kekurangan, oleh karena itu Penulis mengharapkan sumbangan pikiran
untuk memberikan kritik yang membangun demi perbaikan Program yang akan datang.
Adapun atas segala kesalahan dan kekurangan yang terdapat dalam program ini
mohon untuk dimaklumi.
Semoga tulisan yang tertuang pada program ini dapat memberikan
manfaat bagi pembaca umumnya dan guru-guru SMP N 2 Ngargoyoso.
Ngargoyoso, Agustus
Penulis,
DAFTAR ISI
JUDUL
.......................................................................................................................... .... i
KATA
PENGANTAR .................................................................................................. .... ii
DAFTAR
ISI ................................................................................................................. .... iii
BAB I PENDAHULUAN
A.
Dasar ................................................................................................ ...... 1
B.
Maksud dan Tujuan.......................................................................... ...... 1
C.
Tugas Kesiswaan.............................................................................. ...... 2
D.
Sasaran ............................................................................................. ...... 2
E.
Materi dan Jalur ............................................................................... ...... 2
BAB II JALUR
KESISWAAN
I. Organisasi Siswa Intra Sekolah ………………………………....... .... 3
A.
Tujuan ……………………….………………………….......... 3
B.
Perangkat Organisasi …………………………………....... .... 3
C.
Tugas pengurus OSIS……………………………………........ 4
D.
Keuangan OSIS ………………..………………………..... .... 4
E.
Program OSIS Jangka Pendek …………………………..... .... 4
II. Pelatihan Kepemimpinan ………………….…………………....... .... 4
A. Pelatihan Kepemimpinan ………………………………..... .... 4
B.
Tujuan Pelatihan Kepemimpinan …..…………………....... .... 4
C.
Struktur Program Pelatihan Kepemimpinan …………........ .... 5
III. Kegiatan Ekstrakurikuler ……………………………………….... .... 5
A.
Pembinaan ketaqwaan terhadap Tuhan YME
…………..... .... 5
B.
Pembinaan kehidupan Berbangsa dan
Bernegara ….…....... .... 5
C.
Pembinaan Pendidikan Pendahuluan Bela
Negara ….…..... .... 5
D.
Pembinaan Kepribadian dan Budi Pekerti
Luhur ..……...... .... 6
E.
Pembinaan Berorganisasi, Pendidikan
Politik
dan Kepemimpinan
..............................................……........ .... 6
F.
Pembinaan Ketrampilan dan Kewiraswastaan
…………..... .... 6
G.
Pembinaan Kesegaran Jasmani dan Daya
Kreasi …..…....... .... 6
H.
Wawasan Wiyatamandala ……………………………........ .... 7
I.
Penanggung Jawab……………………………………....... .... 7
J.
Biaya ……………………………………….…………....... .... 7
BAB III PENUTUP...................................................................................................... 9
LAMPIRAN
Program Kerja Pengurus
OSIS
Ngargoyoso
Penyususn,
BAB I
PENDAHULUAN
A.
DASAR
- Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang sistem Pendidikan Nasional
- Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 2008 tentang Pembinaan Kesiswaan.
- Petunjuk pelaksanaan organisasi siswa intra sekolah Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan Kesiswaan tahun 1998.
- Kalender Pendidikan
B. MAKSUD DAN TUJUAN
- MAKSUD
Maksud Pembinaan Kesiswaan adalah mengusahakan agar para siswa
dapat tumbuh dan berkembang sebagai manusia Indonesia seutuhnya sesuai dengan
tujuan Pendidikan Nasional berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 beserta
amandemennya.
- TUJUAN
a.
Tujuan Umum Pembinaan Siswa adalah :
1)
Meningkatkan peran serta dan membina
sekolah sebagai Wiyata Mandala sehingga terhindar dari usaha dan pengaruh yang
bertentangan dengan Kebudayaan Nasional.
2)
Menumbuhkan daya tangkal pada diri siswa
terhadap pengaruh negatif yang datang dari luar maupun dari dalam lingkungan
sekolah.
3)
Memantapkan kegiatan ekstrakurikuler dalam
pencapaian kurikulum.
4)
Meningkatkan apresiasi dan penghayatan
seni.
5)
Menumbuhkan sikap berbangsa dan bernegara.
6)
Meneruskan dan mengembangkan jiwa,
semangat serta nilai-nilai ’45.
7)
Meningkatkan kesehatan jasmani dan rohani.
b.
Tujuan Khusus Jangka Pendek Pembinaan
Siswa
1)
Meningkatkan kualitas kegiatan
ekstrakurikuler.
2)
Meningkatkan peranan OSIS dan
memberdayakannya.
3)
Meningkatkan koordinasi dalam pelaksanaan
8 K ( Keamanan, Kebersihan, Ketertiban, Keindahan, Kekeluargaan, Kerindangan ).
C.
TUGAS KESISWAAN
- Mengatur Program dan Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling (BK).
- Mengatur dan mengkoordinasikan pelaksanaan 6 K (Keamanan, Kebersihan, Ketertiban, Keindahan, Kekeluargaan, Kerindangan ).
- Mengatur dan membina program kegiatan OSIS meliputi kepramukaan, Palang Merah Remaja (PMR), Kelompok Ilmiah Remaja (KIR), Usaha Kesehatan Sekolah (UKS), Patroli Keamanan Sekolah (PKS), Paskibra.
- Mengatur Program Pesantren Kilat.
- Menyusun dan mengatur pelaksanaan siswa teladan sekolah.
- Menyelenggarakan cerdas cermat, olahraga prestasi.
- Menyeleksi calon untuk diusulkan mendapat beasiswa.
D.
SASARAN
Sasaran Pembinaan Kesiswaan adalah seluruh siswa SMP N 2
Ngargoyoso.
E.
MATERI DAN JALUR
- Materi
Materi Kegiatan Kesiswaan mencakup :
a.
Pembinaan Ketaqwaan terhadap Tuhan Yang
Maha Esa.
b.
Pembinaan kehidupan berbangsa dan
bernegara.
c.
Pembinaan Pendidikan dan pendahuluan bela
negara.
d.
Pembinaan kepribadian dan budi pekerti
luhur.
e.
Pembinaan berorganisasi pendidikan politik
dan kepemimpinan.
f.
Pembinaan ketrampilan dan kewiraswastaan.
g.
Pembinaan kesegaran jasmani dan daya
kreasi.
h.
Pembinaan persepsi, apresiasi dan kreasi
seni.
- Jalur
Jalur Pembinaan Kesiswaan adalah :
a.
Organisasi Kesiswaan
b.
Latihan Kepemimpinan
c.
Kegiatan Ekstrakurikuler
d.
Kegiatan Wawasan Wiyata Mandala
BAB II
JALUR KESISWAAN
I.
ORGANISASI
SISWA INTRA SEKOLAH
Setiap siswa membentuk organisasi
kesiswaan yang berupa Organisasi Siswa Intra Sekolah kependekan dari OSIS. OSIS
merupakan satu-satunya wadah organisasi siswa di sekolah untuk mencapai tujuan
pembinaan dan pengembangan kesiswaan.
OSIS bersifat intra sekolah artinya
tidak ada hubungan organisatoris antara OSIS sekolah dengan sekolah lain. OSIS
merupakan wadah organisasi siswa di sekolah. Oleh karena itu, setiap siswa
otomatis menjadi anggota OSIS dari sekolah yang bersangkutan. Keanggotaan itu
secara otomatis akan berakhir dengan keluarnya siswa dari sekolah yang
bersangkutan.
A.
TUJUAN
Organisasi ini bertujuan mempersiapkan siswa sebagai kader penerus
cita-cita perjuangan bangsa dan sumber insani pembangunan Nasional untuk :
1.
Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa
dan berbudi pekerti luhur.
2.
Meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan.
3.
Meningkatkan kesehatan jasmani dan rohani.
4.
Mempertebal rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.
B.
PERANGKAT ORGANISASI
Perangkat Organisasi terdiri dari :
1.
Pembina OSIS
Pembina OSIS terdiri dari
2.
Perwakilan kelas
Perwakilan kelas terdiri atas wakil-wakil kelas, setiap kelas
diwakili 2 orang siswa.
3.
Pengurus OSIS
Pengurus OSIS terdiri dari :
a.
Seorang ketua dan dua orang wakil ketua.
b.
Seorang sekretaris dan dua orang wakil sekretaris.
c.
Seorang bendahara dan dua orang bendahara.
d.
Delapan orang ketua seksi yaitu :
1)
Seksi ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
2)
Seksi kehidupan berbangsa dan bernegara.
3)
Seksi pendidikan pendahuluan bela negara.
4)
Seksi kepribadian dan budi pekerti luhur.
5)
Seksi organisasi, pendidikan politik dan kepemimpinan.
6)
Seksi ketrampilan dan kewiraswastaan.
7)
Seksi kesegaran jasmani dan daya kreasi.
8)
Seksi persepsi, apresiasi dan kreasi seni.
e.
Pembantu Umum
C.
TUGAS PENGURUS OSIS
a.
Pengurus OSIS bertugas menyusun dan melaksanakan program kerja
OSIS sesuai dengan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga.
b.
Menyampaikan pertanggungjawaban kepada rapat perwakilan kelas pada
akhir masa jabatannya.
c.
Pengurus OSIS bertanggung jawab langsung kepada perwakilan kelas
dan Pembina OSIS.
D.
KEUANGAN OSIS
Diperoleh dari dana yang disediakan oleh sekolah, dan sumbangan
yang tidak mengikat serta usaha lain yang sah.
E.
PROGRAM KERJA OSIS
JANGKA PENDEK
1.
Membentuk pengurus OSIS
2.
Membuat dan menyusun anggaran Dasar dan anggaran Rumah Tangga
OSIS.
3.
Menyusun program kerja OSIS.
4.
Melaksanakan program kerja OSIS.
II.
PELATIHAN
KEPEMIMPINAN
A.
Pelatihan
Kepemimpinan
Pelatihan Kepemimpinan meliputi :
1.
Pelatihan Kepemimpinan bagi Pembina OSIS.
2.
Pelatihan Kepemimpinan bagi pengurus OSIS.
3.
Pelatihan Kepemimpinan bagi perwakilan kelas.
4.
Pelatihan Kepemimpinan bagi anggota OSIS.
B.
Tujuan Pelatihan
Kepemimpinan
Pelatihan kepemimpinan bagi Pembina OSIS, Pengurus OSIS dan
Perwakilan kelas bertujuan untuk :
a.
Meningkatkan dan memantapkan mutu kepemimpinan.
b.
Meningkatkan kemampuan berorganisasi.
c.
Meningkatkan dan mengembangkan serta memperluas wawasan dalam
melaksanakan tugas-tugas kepemimpinan OSIS.
d.
Pelatihan kepemimpinan bagi anggota OSIS.
e.
Mendorong, membimbing serta mengarahkan potensi kepemimpinan.
f.
Menumbuhkan, meningkatkan dan memantapkan kesadaran serta tanggung
jawab sebagai warga negara, khususnya generasi muda penerus perjuangan bangsa.
g.
Memberi tuntunan dan meningkatkan pola pikir, sikap dan perilaku
siswa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing, kepribadian, budi
pekerti luhur, sopan santun dan disiplin.
C.
Struktur Program
Pelatihan Kepemimpinan
Struktur Program Pelatihan Kepemimpinan, sebagai berikut :
1.
Program dasar yang memberikan dasar-dasar pengetahuan yang
berkaitan dengan kebijaksanaan pendidikan dasar dan menengah serta dasar-dasar
kebijaksanaan kesiswaan sebagai kesiapan untuk mengikuti program inti.
2.
Program inti adalah sekelompok pengetahuan dan ketrampilan yang
diperlukan dalam meningkatkan kemampuan kepemimpinan bagi pembina OSIS,
Perwakilan Kelas, pengurus kelas dan anggota OSIS.
3.
Program Penunjang yaitu sekelompok pengetahuan yang berperan untuk
memperluas wawasan tentang hal-hal yang berkaitan dengan kepemimpinan.
4.
Studi Lapangan yaitu kegiatan praktek untuk lebih memperdalam
hal-hal yang berkaitan dengan program inti dan seluruh program pelatihan.
III.
KEGIATAN
EKSTRAKURIKULER
Kegiatan ekstrakurikuler dilakukan di luar jam pelajaran biasa dan
pada waktu libur sekolah, di sekolah atau di luar sekolah, secara berkala atau
hanya pada waktu-waktu tertentu.
Kegiatan ekstrakurikuler adalah sebagai berikut :
A.
Pembinaan Ketaqwaan
terhadap Tuhan Yang Maha Esa
1.
Melaksanakan peribadatan amaliah sesuai dengan ketentuan agama
masing-masing;
2.
Memperingati hari-hari besar agama;
3.
Melaksanakan perbuatan amaliah sesuai dengan norma agama;
4.
Membina toleransi kehidupan antar umat beragama;
5.
Mengadakan kegiatan lomba yang bersifat keagamaan;
6.
Menyelenggarakan kegiatan seni yang bernafaskan keagamaan
B.
Pembinaan Kehidupan
Berbangsa dan Bernegara
1.
Melaksanakan upacara bendera pada setiap hari Senin dan hari-hari
besar nasional;
2.
Melaksanakan bakti sosial/masyarakat;
3.
Mengadakan lomba karya tulis;
4.
Melaksanakan pertukaran siswa antar propinsi;
5.
Mempelajari dan mampu menyanyikan lagu-lagu nasional ( Mars dan
Hymne ).
C.
Pembinaan Pendidikan
Pendahuluan Bela Negara
1.
Melaksanakan tata tertib sekolah;
2.
Melaksanakan baris-berbaris;
3.
Mempelajari dan menghayati sejarah perjuangan bangsa;
4.
Melaksanakan wisata siswa, pecinta alam, kelestarian alam dan
lingkungan;
5.
Mempelajari dan menghayati semangat perjuangan para pahlawan
bangsa/ napak tilas
D.
Pembinaan Kepribadian
dan Budi Pekerti Luhur
1.
Melaksanakan tata krama pergaulan;
2.
Menumbuhkan dan meningkatkan kesadaran rela berkorban;
3.
Melaksanakan perbuatan amal untuk meringankan beban dan
penderitaan orang lain;
4.
Meningkatkan sikap hormat siswa terhadap orang tua, guru dan
sesama di lingkungan masyarakat.
E.
Pembinaan
Berorganisasi, Pendidikan Politik dan Kepemimpinan
1.
Memantapkan dan mengembangkan peran siswa di dalam OSIS sesuai
dengan tugas dan fungsi masing-masing;
2.
Membentuk kelompok belajar berdasarkan keamanan, kebersihan,
ketertiban, keindahan dan kekeluargaan (K5);
3.
Melaksanakan latihan kepemimpinan siswa;
4.
Mengadakan forum diskusi ilmiah;
5.
Mengadakan media komunikasi OSIS ( Buletin, majalah dinding, dan
sebagainya ).
6.
Mengorganisasikan suatu pementasan drama.
F.
Pembinaan Ketrampilan
dan Kewiraswastaan
1.
Meningkatkan ketrampilan dalam menciptakan suatu barang lebih
berguna;
2.
Meningkatkan ketrampilan di bidang teknik, elektronika, pertanian,
dan tehnologi;
3.
Meningkatkan usaha-usaha ketrampilan tangan ( hasta karya );
4.
Meningkatkan usaha koperasi sekolah unit produksi;
5.
Meningkatkan penyelenggaraan perpustakaan sekolah;
G.
Pembinaan Kesegaran
Jasmani dan Daya Kreasi
1.
Meningkatkan kesadaran hidup di lingkungan sekolah, rumah dan
masyarakat;
2.
Melaksanakan usaha kesehatan sekolah;
3.
Melaksanakan pemeliharaan keindahan sekolah, penghijauan dan
kebersihan sekolah;
4.
Menyelenggarakan kantin sehat;
5.
Meningkatkan kesehatan mental;
6.
Melaksanakan pencegahan penyalahgunaan narkotika, obat terlarang,
minuman keras dan merokok;
7.
Melaksanakan Senam Pagi Indonesia, Senam Kesegaran Jasmani, Senam
ayo Bersatu, dan Senam ayo Bangkit, dan Senam Seribu.
H.
Wawasan Wiyatamandala
suatu pandangan yang mengandung unsur-unsur :
1.
Sekolah sebagai lingkungan pendidikan;
2.
Kepala Sekolah mempunyai wewenang dan tanggung jawab penuh atas
penyelenggaraan pendidikan dalam lingkungan sekolahnya;
3.
Antar Guru dan Orangtua siswa harus ada saling pengertian dan
kerjasama yang erat untuk mengemban tugas pendidikan;
4.
Para warga sekolah, di
dalam maupun di luar lingkungan sekolah harus senantiasa menjunjung tinggi
martabat dan citra guru;
5.
Sekolah harus bertumpu pada masyarakat sekitarnya, dan mendukung
kerukunan antar warga sekolah, tetap menjaga terbinanya kerukunan antar
keluarga sekolah;
6.
Wawasan Wiyatamandala menunjang peningkatan suatu pendidikan dalam
upaya mewujudkan wawasan wiyatamandala pada intinya kegiatan sekolah mencakup 3
komponen dasar yakni :
a.
Penataan lingkungan melalui 6 K ( Keamanan, Kebersihan,
Ketertiban, Keindahan, Kekeluargaan dan Kerindangan ).
b.
Pengelolaan administrasi sekolah yang baik (rapi, tertib, dan
lengkap).
c.
Kegiatan belajar mengajar berlangsung secara efektif dan efisien,
baik kurikuler maupun ekstrakurikuler. Untuk melihat lebih jauh pelaksanaan
wawasan wiyatamandala, berikut disajikan format keberhasilan pelaksanaan
wawasan wiyatamandala sebagaimana terlampir.
I.
Penanggung Jawab
1.
Tanggung Jawab pembinaan kesiswaan secara menyeluruh berada pada
Direktur Pendidikan Dasar dan Menengah, sedangkan kegiatan sehari-hari
dilakukan oleh Direktur Pembinaan Kesiswaan;
2.
Tanggung jawab pembinaan kesiswaan di tingkat Propinsi oleh Kepala
Kantor Wilayah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. adapun kegiatan sehari-hari
dilakukan Kepala Bidang Pembinaan Generasi Muda;
3.
Tanggung Jawab pembinaan kesiswaan di tingkat kabupaten/kotamadya
dilakukan oleh Kepala Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan
kabupaten/kotamadya. adapun kegiatan sehari-hari dilakukan oleh Kepala Seksi
Pembinaan Generasi Muda dan Olahraga;
4.
Tanggung jawab pembinaan kesiswaan di sekolah dilakukan oleh
Kepala Sekolah, sedangkan kegiatan sehari-hari dilakukan oleh Wakil Kepala
Sekolah atau guru yang ditunjuk.
J.
Biaya
Biaya pelaksanaan Program Kerja Kesiswaan dibebankan kepada :
1.
Dana Bantuan Operasional Sekolah
2.
Sumbangan yang tidak mengikat atau usaha lainnya yang sah.
BAB III
PENUTUP
Pembinaan siswa
adalah salah satu usaha agar siswa dapat tumbuh dan berkembang sebagai manusia Indonesia seutuhnya sesuai
dengan tujuan pendidikan nasional berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 beserta
amandemennya, maka hasil yang diharapkan dari berbagai permasalahan dan
langkah-langkah yang perlu diambil dapat disimpulkan sebagai berikut :
1.
Pembinaan kesiswaan sangat erat kaitannya dengan kegiatan OSIS,
latihan kepemimpinan, kegiatan ekstrakurikuler dan kegiatan wawasan
wiyatamandala.
2.
Materi pembinaan kesiswaan mencakup materi kegiatan OSIS dan
kegiatan ekstrakurikuler.
3.
Hasil yang diharapkan dari program pembinaan kesiswaan, mendukung
kegiatan kurikuler sehingga berhasil mencapai tujuan pendidikan khususnya yang
sesuai dengan visi dan misi di sekolah.
4.
Pelaksanaan kegiatan kesiswaan yang mencakup empat jalur pembinaan
kesiswaan sampai saat ini belum mencapai hasil sesuai yang diharapkan akibat adanya
berbagai keterbatasan yang ada pada suatu sekolah seperti :
a.
Belum tersedianya tenaga pembina profesional, dana serta sarana
yang memadai.
b.
Kurangnya kepedulian orang tua siswa dan masyarakat sekitar.
c.
Kurang pemahaman terhadap pengertian, makna dan peranan serta
manfaat pembinaan kesiswaan dalam mendukung kegiatan kurikuler.
5.
Untuk mengatasi berbagai macam permasalahan perlu diambil seperti
:
a.
Secara terus menerus perlu disebarluaskan pengertian, makna serta
peran pembinaan kesiswaan sebagai bagian dari kebijakan Pemerintah di bidang
pendidikan kepada seluruh pengelola pendidikan yaitu :
Kepala
Sekolah, Guru, Orang tua siswa serta tokoh-tokoh masyarakat terdekat.
b.
Secara bertahap sekolah perlu dilengkapi dengan sarana dan
prasarana yang diperlukan dalam mendukung keberhasilan kegiatan pembinaan
kesiswaan.
c.
Secara terus menerus Pusat Pengembangan Kurikulum dan sarana
pendidikan perlu mengembangkan model-model penataran yang mencakup berbagai
jenis kegiatan kesiswaan.
d.
Secara terencana perlu dihasilkan guru-guru pembina kesiswaan melalui
berbagai pelatihan yang ada sehingga mendapat guru pembina kesiswaan yang
profesional.
e.
Pemberian penghargaan berupa angka kredit dan insentif kepada guru
pembina kesiswaan secara memadai, sehingga para guru merasa terpacu dan terpanggil
untuk melaksanakan bimbingan kegiatan pembinaan kesiswaan.
Pembantu Kepala Sekolah Pembina OSIS
Urusan Kesiswaan
Mengetahui
Kepala Sekolah
PROGRAM POKOK KEGIATAN KESISWAAN
NO
|
JENIS KEGIATAN
|
SUB KEGIATAN
|
BANYAK KEGIATAN
|
KET.
|
A
B
C
D
E
|
Pembinaan ketaqwaan terhadap Tuhan YME
Pembinaan Kehidupan berbangsa dan Bernegara
Pembinaan Pendidikan Pendahuluan Bela Negara
Pembinaan Kepribadian dan Budi Pekerti Luhur
Pembinaan Ketrampilan dan Kewiraswastaan
|
1.
Sholat Dzuhur berjamaah
2.
Sholat Jum’at berjamaah
3.
Memperingati :
a.
Maulid Nabi
b.
Isra’ Mi’raj
c.
Nuzulul Qur’an
d.
Halal Bihalal
e.
Zakat Fitrah
f.
Idul adha
4.
Membaca al Qur’an
5.
Ekstra Seni Qasidah
1.
Upacara bendera setiap hari Senin
2.
Upacara Bendera setiap hari-hari besar nasional :
a.
HUT Proklamasi
b.
Hari Pahlawan
c.
Hari Sumpah Pemuda
d.
Hari Pendidikan Nasional
e.
Hari Kebangkitan Nasional
f.
Hari Kartini
3.
Kerja bakti lingkungan
4.
Membantu Bencana alam
5.
Membuat karya tulis tentang :
-
Pahlawan
-
Lingkungan
6.
Lomba menyanyi
1.
Melaksanakan Tata Tertib Sekolah
2.
Melaksanakan baris berbaris
3.
Mementaskan drama Perjuangan
4.
Mengunjungi hutan lindung
1.
Penataran PMR
2.
Bakti Sosial
3.
Penataran Pengurus OSIS
4.
Lomba Kebersihan Kelas
5.
Ekstra Mading
6.
Kegiatan Belajar Kelompok
1.
Hasta Karya
2.
Menjahit
3.
Komputer
4. Memasak
|
200 kali
36 kali
1 kali
1 kali
1 kali
1 kali
1 kali
1 kali
30 kali
20 kali
40 kali
1 kali
1 kali
1 kali
1 kali
1 kali
1 kali
12 kali
V
2 kali
2 kali
2 kali
V
V
V
V
1 kali
2 kali
1 kali
2 kali
16 kali
30 kali
V
V
V
V
|
|
F
G
1
2
3
4
5
|
Kesegaran Jasmani dan Daya Kreasi
Pembinaan Persepsi, apresiasi dan Kreasi Seni
Class Meeting
Pesantren Kilat
Penerimaan Siswa Baru
MOS
Ekstrakurikuler
|
1.
Semboyan kebersihan/kerja bakti
2.
UKS
3.
Penghijauan
4.
Kantin Sehat
5.
SKJ setiap Jum’at
6.
Lomba Senam
7.
Lomba cabang olahraga/Class meeting
8.
Wisata Siswa
1.
Ekstra Seni Tari
2.
Esktra Seni Suara
3.
Ekstra Seni Drama
4.
Ekstra Karawitan
Cabang-cabang yang diperlombakan :
1.
SKJ
2.
Cerdas cermat
3.
Sepak Bola
4.
Volley Ball
5.
Baca Puisi
6.
Karaoke (seni suara)
7.
Lomba pidato
8.
Lomba mengarang
9.
Atletik
10. Catur
11. Lomba menari jawa
1.
Seni Tari
2.
Seni Suara
3.
Seni Drama
4.
Pramuka
5.
Olahraga : - SKJ
-
Volley Ball
6.
Belajar Kelompok
7.
Seni Qasidah
8.
Majalah dinding
9.
Ketrampilan Kepribadian
10. Renang
11. Seni Karawitan
12. Volley Ball
13. Sepak Bola
14. Tenis Meja
15. Pencak Silat
|
V
5 kali
V
V
30 kali
2 kali
2 kali
1 kali
20 kali
20 kali 20 kali 20 kali
2 kali
2 kali
2 kali
2 kali
2 kali
2 kali
2 kali
2 kali
4 kali
1 kali
1 kali
6 kali
3 kali
3 kali
24 kali
24 kali
24 kali
24 kali
24 kali
24 kali
24 kali
24 kali
24 kali
24 kali
24 kali
24 kali
24 kali
24 kali
24 kali
24 kali
|
|
6
7
|
Pembinaan Siswa Teladan
Porseni
|
|
2 kali
2 kali
|
|
Sumber Dana : Keterangan
:
-
Iuran Rutin Orang tua Siswa V
= Dilaksanakan sewaktu-waktu
-
Dana kegiatan lain yang sah
-
Sumbangan yang tidak mengikat
Ngargoyoso, Juli
Pembantu Kepala Sekolah Pembina
OSIS
Urusan Kesiswaan
Mengetahui
Kepala Sekolah
Lampiran
USULAN
PERLENGKAPAN
URAIAN
PROGRAM KESISWAAN & PEMBINA OSIS
A.
PENDAHULUAN
Dalam rangka meningkatkan kedisiplinan
dan kebersamaan, pengetahuan serta pelaksanaan organisasi, terlebih dalam
rangka meningkatkan ketertiban, dan kestabilan siswa, khususnya urusan
kesiswaan dan Pembina OSIS memandang
perlu adanya penambahan peralatan perlengkapan untuk menunjang program-program
kegiatan yang telah dilaksanakan pada tahun yang lalu dan program yang akan
dilaksanakan pada tahun yang akan datang.
B.
USULAN PERLENGKAPAN
1.
Mic kabel
2.
Alat Upacara
a.
Selendang petugas Upacara 13 buah
b.
Peci putra 10 buah
c.
Peci putrid 10 buah
d.
Sarung tangan 10 pasang
e.
Duk 20 buah
f.
Garuda 20 buah
g.
Lencana merah putih 20 buah
h.
Map Upacara 6 buah
i.
Tali Bendera 1 buah
j.
Bendera Merah Putih untuk Upacara 2 buah
3.
Speaker
4.
Kabel Mic
5.
Swich sound
C.
PROGRAM KEGIATAN DAN
ALOKASI WAKTU
NO
|
JENIS KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
|
MOS
Persami
Koor Aubade
Pesantren Kilat
Pembagian Zakat, sahur dan Buka bersama
Pembekalan OSIS
Kegiatan Tengah Semester I
Qurban
Class Meeting I
Wisata Sejarah
Pengajian Maulid Nabi
Kegiatan tengah semester II
Seleksi siswa teladan
Kegiatan Ekstrakurikuler
-
Pramuka
-
OR
-
Karawitan
-
Qiro’ah
-
Menjahit
-
Melukis
|
11 – 14 Agustus
14 Agustus
14 Juli – 17 Agustus
26 Juli - 1 Agustus
1 Agustus
29 Oktober
14 – 19 Oktober
15 Oktober
12 – 17 Desember
20 Desember
11 Februari
11 – 14 April
April
Setiap Sabtu
Setiap Jum’at
Setiap Jum’at
Setiap Jum’at
Setiap Jum’at
Setiap Jum’at
|
Ngargoyoso, Agustus
Pembantu Kepala Sekolah Pembina
OSIS
Urusan Kesiswaan
Mengetahui
Kepala Sekolah
URAIAN PROGRAM
TAHUNAN OSIS
SMP NEGERI 2
NGARGOYOSO
No.
|
Nama Program
|
Tujuan
|
Sasaran
|
Rencana Pelaksanaan
|
Anggaran
|
Ket.
|
1
|
MOS
|
1.
Siswa baru dapat memahami dan melaksanakan tata kehidupan
sekolah dalam rangka pelaksanaan wawasan wiyatamandala.
2.
Siswa baru lebih mengenal kehidupan lingkungan sekolah, menyatu
dengan warga sekolah, mengetahui hak dan kewajibannya serta cepat beradaptasi
dengan KBM di sekolah.
|
Siswa baru SMP N 2 Ngargoyoso
|
3 - 5 Agustus
|
Rp. 3.475.000
|
Dana berasal dari BOS
|
2
|
PERSAMI
|
1.
Meningkatkan kemampuan dan pemahaman sekolah
2.
Menciptakan Kemandirian
3.
Mempercepat proses
.
|
Siswa Baru Kelas VII
|
6 – 7 Agustus
|
Rp. 4.000.000
|
Dari iuran dan Dana BOS
|
3
|
Koor Aubade 17
Agustus
|
1.
Meningkatkan Nasionalisme.
2.
Meningkatkan kedisiplinan
3.
Meningkatkan nilai-nilai patriotisme
|
Anggota yang ditunjuk
|
24 Juli -17 Agustus
|
Rp. 1.000.000
|
Dana BOS dan Panitia HUT RI Kecamatan
|
4
|
Pesantren Kilat
|
1.
Mempererat ukhuwah islamiyah, wathoniyah, basyariah.
2.
Meningkatkan pengamatan ajaran islam.
3.
Menerapkan dan mengamalkan ajaran islam
|
Seluruh siswa
|
24 Juli - 5 Agustus
|
|
|
5
|
Pembagian Zakat
|
1.
Meningkatkan kimanan dan ketaqwaan.
2.
Memakmurkan dan menhormati bulan suci.
3.
Menambah wawasan dan pengetahuan agama islam, ibadah serta
pengamalan lain yang bernanfaat.
|
-
Pengurus OSIS
|
5 Agustus
|
|
|
6
|
Pembekalan Pengurus dan Perwakilan Kelas (LDK)
|
1.
Meningkatkan kualitas mental dan intelektual.
2.
Memberikan dasar-dasar organisasi dan kepemimpinan.
3.
Meningkatkan kesadaran akan aturan dan tata tertib di sekolah.
4.
Membentuk karakter building yang kuat.
|
Pengurus OSIS dan perrwakilan kelas
|
14-15 Oktober
|
|
|
7
|
Kegiatan Tengah Semester
|
1.
Menciptakan rasa cinta
2.
Meningkatkan pengamalan ajaran agama islam dengan akhlak mulia
dalam kehidupan pribadi, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
3.
Menerapkan dan mengamalkan ajaran agama islam dalam kehidupan
sehari-hari.
|
Seluruh siswa
|
16 – 20 Oktober
9-12 April 2014
|
|
|
8
|
Qurban
|
1.
Meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah
2.
Meningkatkan kesadaran untuk menegakkan hokum Allah.
3.
Meningkatkan kepedulian kepada sesame umat melalui daging
qurban.
|
Seluruh siswa dan guru karyawan
|
6 Nopember
|
|
|
9
|
Class Meeting
|
1.
Untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia
2.
Menggali bakat dan prestasi siswa dalam bidang olah raga dan seni.
|
Seluruh siswa
|
12-17 Des
Juni
|
|
|
10
|
Wisata
|
1.
Mengenalkan anak pada peninggalan sejarah
2.
Memahami sejarah bangsa secara nyata.
|
Siswa Kelas VIII
|
19 Maret
|
|
|
11
|
Pengajian Maulud Nabi
|
1.
Meningkatkan penghayatan dan Pengamalan Agama Islam
2.
Meneladani Nabi Muhammad SAW
3.
Menyadarkan anak untuk melaksanakan sholat 5 waktu
|
Seluruh siswa
|
Januari
|
|
|
Ngargoyoso,
Pembantu Kepala Sekolah Pembina
OSIS
Urusan
Kesiswaan
Mengetahui
Kepala
Sekolah
0 Comments:
Posting Komentar